Article Detail

Mengenang Peristiwa Sumpah Pemuda

    Jumat, 12 November 2021, peserta didik kelas 5 belajar IPA, PJOK, dan PPKn. Pagi hari dimulai dengan literasi mandiri, kemudian dilanjutkan sapa pagi, cek presensi, dan doa pagi. Pembelajaran dimulai dengan pelajaran IPA tentang Organ Peredaran Darah Hewan, dilanjutkan pelajaran PJOK tentang pencak silat, dan terakhir pelajaran PPKn tentang manfaat persatuan dan kesatuan.

    Sesi pelajaran IPA disampaikan oleh Bu Lina, beliau mengajak peserta didik menonton video tentang organ peredaran darah hewan, kemudian dilakukan tanya jawab berkaitan dengan video yang sudah dilihat. Setelah itu peserta didik diajak mempelajari bersama materi yang disajikan dalam presentasi power point. Sebelum pelajaran IPA berakhir, peserta didik diajak menyanyi lagu daerah yang syairnya diubah menjadi syair tema pelajaran hari ini, yaitu organ peredaran darah hewan. Akhir pembelajaran IPA, peserta didik diberi tugas pengetahuan dan ketrampilan. Untuk tugas ketrampilan, peserta didik mengubah syair lagu daerah dengan materi IPA tema 4.

    Sesi kedua adalah pelajaran PJOK. Pak Michael mengajarkan tentang pencak silat. Awal pembelajaran Pak Michael mengajak peserta didik untuk melakukan pemanasan dengan gerakan-gerakan yang dapat dilakukan melalui virtual. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang pencak silat. Peserta didik diajak untuk mempraktekan gerakan-gerakan pencak silat.

    Sesi terakhir adalah pelajaran PPKn. Bu Tanti menjelaskan tentang Sumpah Pemuda melalui PPT yang disajikan . Peserta didik juga diajak menonton video yang berkaitan dengan pembelajaran. Melalui tayangan video tersebut, para peserta didik memahami arti penting persatuan dengan meneladan sikap para pemuda yang bersatu dalam peristiwa Sumpah Pemuda.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment