Article Detail

Protret Parenting Education SD Tarakanita CR

      Latar belakang diadakannya Parenting Education antara pihak sekolah dan orang tua murid merupakan metode yang tepat bagi orang tua dalam pembentukan karakter anak. Parenting disini bukan hanya sekedar mengasuh anak, namun orang tua harus mendidik, membimbing dan melindungi serta mengetahui setiap perkembangan anak. Manfaat yang diperoleh dari Parenting Education yaitu menambah wawasan dan kerja sama antara orang tua dan pihak sekolah dalam hal mengetahui dan memahami berbagai program dan kegiatan yang dilakukan sekolah untuk perkembangan peserta didik agar dapat tumbuh sesuai dengan usia, karakter dan perkembangannya. Tema yang diusung dalam parenting tahun ini adalah “Menjadi Pribadi Cerdas Berintegritas” Adapun susunan acara pada Parenting Education sebagai berikut:
Doa pembuka
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Pengantar dari kepala sekolah
Pemaparan kurikulum
Pemaparan kegiatan kesiswaan
Implementasi K13 oleh nasum
Sesi tanya jawab
Doa penutup
      Pemaparan kurikulum yang disampaikan wakakur meliputi, kurikulum K13 dan Cc5 +, system penilaian ( PH, PTS,dan PAS), remedial, kriteria kenaikan kelas , dan KKM. Sedangkan program kesiswaan yang disampaikan wakaksis adalah mengenai kegiatan dan program selama 1 tahun pembelajaran meliputi, Tujuh (7) gerakan PKT meliputi cinta lingkungan, gallon kejujuran, pantang plastik dan sterofoam, pengelolaan sampah, budaya kasih, bebas rokok dan narkoba, serta science fair project. Bentuk pengembangan meliputi kegiatan terprogram, pembiasaan, dan keteladanan.
      Implemetasi K13 oleh narasumber Dr. Irenne Maria Juli Astuti, M.Pd pada kesempatan ini ,menyampaikan tentang permasalahan berikut:
a.Pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar (Implementasi Kurikulum K13 )
b.Maksud pembelajaran tematik (menggunakan tema, memadukan berbagai muatan pelajaran agar lebih dekat dengan lingkungan)
c.Tematik terpadu membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna karena terpusat pada siswa. d.Pembelajaran menggunakan pendekatan 5 M yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasi
e.Sistem penilaian yang dilakukan meliputi penilaian sikap (observasi dan jurnal), pengetahuan (tertulis, lisan, tugas), dan keterampilan (unjuk kerja, produk, proyek, dan portopolio).
f.Tanya jawab dengan pihak orang tua peserta didik.
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment