Article Detail
Songsong Kurikulum Baru 2013
Dalam pembekalan tersebut, para guru diajak untuk mengetahui latar belakang penerapan kurikulum 2013 yang menggunakan pembelajaran tematik. Meskipun tidak dikupas secara mendetil, namun alasan penggunaan kurikulum tersebut bisa dipahami. Dalam kurikulum 2014 ada 3 hal yang ditekankan yakni tematik, saintifik, dan penilaian otentik. Secara singkat dan padat hal-hal yang dikandung dalam kurikulum 2013 ini dibahas. Dalam pembelajaran tematik, para guru melaksanakan pembelajaran dalam tema-tema yang di dalamnya terkandung beberapa mata pelajaran. Sedangkan saintifik adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran seperti mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta. Untuk penilaian otentik para guru nantinya harus memberikan penilaian yang menyeluruh selama proses pembelajaran. Di akhir pembekalan, para guru belajar membuat Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan kurikulum 2013. Setelah itu diadakan peer teaching dan simulasi pembelajaran.
Sebenarnya pembekalan ini dirasa belum memadai mengingat kurikulum ini masih terbilang baru dan masih banyak hal yang harus dipelajari. Namun demikian, dengan pembekalan singkat ini diharapkan para guru lebih siap sedia dan dapat meningkatkan mutu dalam pelayanannya terhadap peserta didik.
Songsong Kurikulum Baru 2013
Dalam pembekalan tersebut, para guru diajak untuk mengetahui latar belakang penerapan kurikulum 2013 yang menggunakan pembelajaran tematik. Meskipun tidak dikupas secara mendetil, namun alasan penggunaan kurikulum tersebut bisa dipahami. Dalam kurikulum 2014 ada 3 hal yang ditekankan yakni tematik, saintifik, dan penilaian otentik. Secara singkat dan padat hal-hal yang dikandung dalam kurikulum 2013 ini dibahas. Dalam pembelajaran tematik, para guru melaksanakan pembelajaran dalam tema-tema yang di dalamnya terkandung beberapa mata pelajaran. Sedangkan saintifik adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran seperti mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta. Untuk penilaian otentik para guru nantinya harus memberikan penilaian yang menyeluruh selama proses pembelajaran. Di akhir pembekalan, para guru belajar membuat Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan kurikulum 2013. Setelah itu diadakan peer teaching dan simulasi pembelajaran.
Sebenarnya pembekalan ini dirasa belum memadai mengingat kurikulum ini masih terbilang baru dan masih banyak hal yang harus dipelajari. Namun demikian, dengan pembekalan singkat ini diharapkan para guru lebih siap sedia dan dapat meningkatkan mutu dalam pelayanannya terhadap peserta didik.
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment