Article Detail

Belajar Pecahan

Kegiatan PJJ kelas 2 diawali dengan diputarkan dongeng dari video yang berjudul Danau Toba. (Ini diputarkan dongeng sambil menunggu siswa-siswa untuk join dalam zoom pagi ini.

Tokoh dalam dongeng ini yaitu Toba (seorang petani), Istri Toba (yang semula berasal dari seekor ikan), dan Samosir anak mereka.

Dongeng ini berisi tentang seorang petani (Toba) yang setiap harinya bekerja di sawah. Pada suatu saat untuk menghilangkan kejenuhannya, Toba pergi memancing. Dan benar, Toba mendapat ikan yang besar, harapannya nanti pulang bisa makan ikan. Sampai rumah, kayu bakarnya habis, akhirnya Toba meletakkan ikan di baskom dan pergi mencari kayu bakar. Anehnya..sampai rumah ikan tadi hilang dan di rumahnya terdapat banyak keping emas yang berasal dari sisik ikan tadi, dan ikan berubah menjadi wanita yang cantik. Akhirnya mereka menikah dan dikaruniai seorang anak bernama Samosir. Sebelumnya istrinya pernah meminta kepada Toba agar jangan pernah mengatakan kepada samosir kalau ia berasal dari ikan.

Semula Toba setuju. Tapi Ketika Samosir diminta mengantarkan makanan untuk ayahnya, di jalan makanan dimakan oleh Samosir dan hanya disisakan sedikit untuk ayahnya lalu ayahnya marah besar dan memukul Samosir dasar anak ikan. Samosir pulang dan menangis. Ia mengatakan kepada ibunya, kalau ayahnya tadi mengatakan bahwa ia anak ikan. Maka Samosir disuruh pergi ke atas bukit dan tiba – tiba ada air meluap, Istri Toba berubah jadi ikan dan Toba mati karena tenggelam.

Kegiatan pagi ini diawali dengan doa oleh Raymond kelas 2B. Pagi ini kelas 2 belajar Matematika tentang pecahan. Pecahan yang dimaksud di sini yaitu pecahan berdasarkan gambar, karena siswa akan mudah menerima konsep melalui gambar.

Melalui beberapa contoh gambar diberikan penjelasan tentang pecahan.

Setelah selesai siswa diberikan kesempatan untuk bertanya materi ini. Untuk selanjutnya siswa mengerjakan soal yang dikirim di GC.

Kegiatan PJJ diakhiri dengan doa oleh Earlene Agustine kelas 2D.

Terimakasih Tuhan memberkati.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment