Article Detail
Bercerita itu Menyenangkan
Tanpa terasa sudah 1 tahun kita mengalami pembelajaran secara daring efek Covid melanda Indonesia. Walaupun anak-anak sudah merasa bosan untuk belajar dari rumah, kami berusaha membuat mereka untuk tetap mau belajar secara daring. Aktivitas pembelajaran hari ini kami buat supaya anak-anak lebih aktif bicara selama pembelajaran. Pembelajaran dimulai dengan mata pelajaran Bahasa Inggris yang diampu oleh Mrs Vero. Materi yang disampaikan hari ini tentang posisi atau letak suatu ruangan. Anak-anak diajak untuk bercerita posisi ruangan-ruangan yang ada di rumahnya, atau posisi rumah yang mereka tempati. Mereka terlihat antusias saat diminta untuk menjelaskan posisi tersebut, ada yang di dekat kuburan, taman, jalan, rumah kosong, atau rumah tetangga. Beberapa anak pun bercerita kalau sebenarnya tidak tau nama tetangga yang ada di sekitar rumahnya. Kegiatan ini membuat anak-anak rindu dengan situasi sekolah, dimana mereka bisa bertemu dengan teman-temannya, bebas pergi kemana saja tanpa takut adanya Covid, ataupun bisa bermain dengan temannya di sekitar rumah. Kami pun meminta anak-anak rajin berdoa agar Covid bisa pergi dari Indonesia.
Setelah pembelajaran bahasa inggris, kami lanjutkan dengan pembelajaran tematik tentang fabel. Disaat anak-anak saya minta untuk membacakan teks percakapan tentang fabel, mereka berebutan untuk membaca di depan teman-temannya. Tetapi, supaya adil dan tidak pilih kasih, akhirnya saya meminta beberapa anak yang jarang sekali suaranya terdengar di depan kami. Awalnya protes, tetapi setelah dinasehati, mereka pun paham kalau masih ada temannya yang belum mendapatkan kesempatan untuk berbicara di depan temannya. Setelah situasi sudah kondusif, pembelajaran pun saya lanjutkan dengan mengajarkan anak bagaimana cara membuat cerita dari gambar yang disediakan. Awalnya memang sulit, karena kosa kata yang dimiliki anak-anak masih sedikit. Mereka cenderung masih meniru contoh dari teks yang ada di buku. Setelah mengulang beberapa kali, akhirnya sebagian besar anak-anak sudah paham bagaimana cara membuat cerita dari beberapa gambar fabel.
-
there are no comments yet