Article Detail
Membangun Kedisiplinan Peserta Didik Sejak Dini
Sekolah merupakan salah satu
faktor dominan dalam membentuk dan mempengaruhi perilaku peserta didik. Di
sekolah seorang peserta didik berinteraksi dengan para guru yang mendidik dan
mengajarnya. Sikap, teladan, perbuatan dan perkataan para guru yang dilihat dan
didengar serta dianggap baik oleh para peserta didik dapat meresap begitu dalam
ke dalam hati sanubarinya dan dampaknya ada yang melebihi pengaruh dari orang
tuanya di rumah. Sikap dan perilaku yang ditampilkan guru tersebut pada
dasarnya merupakan bagian dari upaya pendisiplinan peserta didik di sekolah.
Disiplin juga berkaitan dengan
teladan atau “modeling” berupa contoh perbuatan dan
tindakan sehari-hari dari orang tua kepada anak-anaknya. Anak-anak merupakan
peniru terbesar di dunia ini. Mereka terus menerus meniru apa yang dilihat dan
menyimpan apa yang mereka dengar. Contoh teladan lebih efektif dari pada
kata-kata, karena teladan itu menyediakan isyarat-isyarat non-verbal yang
berarti menyediakan contoh jelas untuk ditiru.
Dengan menekankan karakter
disiplin, maka sumber daya manusia yang dimiliki oleh Indonesia akan semakin
menjadi berkualitas dan dapat bersaing dengan negara-negara lain.
Salah satu cara yang dilakukan SD
Tarakanita Citra Raya dalam membentuk karakter disiplin melalui aturan tertib
saat naik/ turun tangga melalui sebelah kiri. Meski terlihat sederhana, namun
dalam proses pembiasaan ternyata tidaklah mudah. Masih ada saja para peserta
didik yang tidak sabar. Hal ini tentu menjadi evaluasi pihak sekolah agar
proses penanaman karakter terus diupayakan dan secara berkala melakukan monitoring
serta evaluasi secara berkelanjutan. Mari terus mengupayakan pembentukan
karakter sejak dini..
-
there are no comments yet