Article Detail
Pengalaman yang Bermakna
Hari Jumat, 22 November 2024 suasana pembelajaran di kelas 2 dan kelas 5 terasa
penuh ceria dan semangat. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan
salah satu wadah dalam pengembangan karakter pelajar dalam berperilaku sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila. Melalui pembelajaran P5, peserta didik tidak
hanya belajar dari segi pengetahuan saja, namun mendorong keterampilan mereka
dalam menghasilkan produk yang bermanfaat..
Dalam pembelajaran P5 peserta didik kelas 2 membuat
minuman kesehatan dengan bahan baku utama yaitu tomat. Sedangkan, di kelas 5
peserta didik membuat keripik singkong. Bapak dan Ibu Guru sudah membagi peserta
didik secara kelompok sehingga peserta didik dapat mempersiapkan alat dan bahan bersama kelompok.
Dalam
pembuatan minuman dari tomat, peserta didik kelas 2 mengamati langkah-langkah
dalam pembuatannya. Dengan pendampingan guru, beberapa anak bergantian memasukkan
tomat ke blender bersama gula dan air, lalu memprosesnya sampai halus. Setelah
itu, menuangkan minuman tersebut ke gelas-gelas dan memastikan tak ada yang
tumpah.
Setelah
semua selesai, anak-anak mencicipi minuman tomat mereka bersama-sama. Banyak
yang terkejut karena rasanya enak, segar, dan manis.
"Bu, ternyata tomat yang biasanya aku nggak
suka bisa jadi minuman yang enak!" ujar salah satu peserta didik kelas 2
tersebut.
"Itu karena kalian membuatnya sendiri dengan bahan segar," jawab Ibu Guru sambil tersenyum.
Setelah selesai, Ibu Guru Wali Kelas 2 juga menjelaskan
manfaat dari minuman tomat. Salah
satunya adalah baik untuk mata karena mengandung vitamin A yang penting untuk
penglihatan.
Selain membuat minuman dari tomat, peserta didik kelas 5
juga membuat karya makanan lokal yaitu keripik singkong. Di pertemuan
sebelumnya, Bapak Ibu Guru sudah membagi peserta didik ke dalam kelompok dan
sudah membagi tugas untuk membawa alat dan bahan yang diperlukan sehingga di
hari proses pembuatan keripik singkong peserta didik sudah membawa alat dan
bahan yang diperlukan, khususnya singkong yang telah dibersihkan.
Langkah pertama yang dilakukan peserta didik yaitu
mengiris tipis singkong agar cepat matang dan renyah. Setelah itu, merendam
irisan singkong dalam air garam dan bawang untuk memberikan rasa gurih. Langkah
terakhir yaitu menggoreng singkong di wajan hingga berwarna keemasan. Bapak dan
ibu guru wali kelas 5 mengawasi prosesnya dengan cermat, terutama saat
anak-anak menggoreng untuk memastikan semuanya aman.
"Awas minyaknya, ya, hati-hati!" kata Pak Guru sambil
membantu kelompok mengangkat keripik dari wajan.
Setelah
selesai, peserta didik mencicipi hasil keripik buatan mereka dan semua
menikmati keripik yang renyah. Kegiatan sederhana seperti membuat keripik
singkong tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan pelajaran berharga
tentang kerja sama, kreativitas, dan pentingnya menghargai makanan lokal.
Banyak pembelajaran yang bisa diperoleh dalam kegiatan proyek pembelajaran P5 tersebut untuk perkembangan diri dan pengetahuan para peserta didik. Semoga pembelajaran dan pengalaman tersebut menjadikan mereka untuk terus maju dan mau mencoba hal-hal yang baru.
-
there are no comments yet